Jumat, 29 November 2013

PROPOSAL BISNIS


NAMA         : MARINI S.B
KELAS        : 1EB26
NPM            : 25213293
TUGAS KE : 5 PENGANTAR BISNIS



USAHA GADO-GADO KHAS BETAWI

KATA PENGANTAR

      Puji Syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan kemurahanNya , penulis dapat menyelesaikan proposal ini yang berjudul “Bisnis Gado-gado Khas Betawi”. Guna perbaikan penyusunan proposal ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca dan berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.

     Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada  Bapak Bonar S. Panjaitan karena telah membantu dalam pembuatan makalah ini.
walaupun disadari masih banyak kekurangan dalam menyusun makalah ini  untuk itu penulis mohon maaf sebesar-besarnya.





Bekasi, November 29, 2013
Penulis

Marini S.B








BAB I
PENDAHULUAN


·        Latar Belakang

Di Indonesia, banyak sekali makanan-makanan tradisional. Di zaman modern ini, masyarakat lebih menyukai makanan diwarteg daripada direstoran yang mewah, selain itu juga  harganya relative murah, sehat, dan bergizi. Untuk itulah kami ingin membuka usaha gado-gado khas betawi. Sebelumnya, Gado-gado adalah salah satu makanan yang paling populer dijakarta namun kini telah menjadi hidangan yang sangat populer di seluruh Indonesia. Gado-gado ini banyak digemari oleh masyarakat, bahkan orang asing pun menyukainya.  

·        Manfaat Pembuatan Proposal

Manfaat dari pembuatan proposal ini adalah :
-   Dapat membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi,
-         Dapat membantu keberhasilan para wirausaha,
-  Serta membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan objektif dalam menjalankan bisnis.

·        Tujuan Pembuatan Proposal

Adapun tujuan dalam pembuatan proposal ini yaitu:

-         Dapat melatih mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang baik,
-         Dapat menambah wawasan luas dalam menjalankan bisnis
-    Dapat memajukan kehidupan masyarakat serta memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat
-         Dapat membuka langangan kerja, dan dapat menambah pengalaman tentang bisnis.
-         Menciptakan makanan cepat saji, dan meraup laba.


BAB II
PERENCANAAN PROPOSAL

Kepemilikan Usaha

Nama Usaha                    : Gado-gado Khas Betawi
Nama Pemilik                  : Marini S.B
Tempat/Tanggal Lahir      : 30 November 1995
Status                              : Mahasiswi
Alamat                            : TWA CC 35/21

·        Aspek Produksi

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

-         150 gram kacang panjang, dipotong 2 cm
-         200 gram kol, diiris kasar, direbus sebentar
-         75 gram taoge, diseduh
-         1 buah labu siam, dikukus
-         1 buah tahu cina, digoreng
-         200 gram tempe, digoreng
-         2 buah ketimun, dipotong-potong
-         50 gram kerupuk kanji goreng
-         1 sendok makan bawang merah goreng

Bahan Saus:

-         175 gram kacang tanah goreng
-         5 buah cabai merah rawit, direbus
-         3 siung bawang putih, digoreng
-         1/2 sendok teh garam
-         4 sendok teh gula merah sisir
-         125 ml air
-         2 sendok teh cuka dari 1 sendok teh dan 2 sendok makan air
-         2 buah jeruk lima, diperas airnya

Cara membuat:

-    Saus, ulek bawang putih, cabai rawit, garam, gula merah,dan kacang tanah sampai halus.
-    Tuang air sedikit sedikit sambil diulek sampai halus. Tambahkan air asam. Aduk rata.
-         Masukkan air jeruk limau.Aduk rata.
-        Campur semua sayuran. Aduk rata. Sajikan bersama kerupuk kanji dan taburan bawang merah goreng.

·        Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran yang dilakukan dalam bisnis gado gado ini dengan cara :
-         Membuka usaha gado gado diwarteg
-         Berjualan dipinggir jalan raya

·        Aspek Manajemen

Dalam aspek manajemen tentunya membutuhkan orang lain dengan cara membentuk sebuah struktur organisasi agar dapat bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis tersebut. 

·        Analisis Swot

Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:

Ø Faktor internal.

1.     Strengths (Kekuatan)

-         Gado gado khas betawi sangat digemari oleh masyarakat Indonesia
-         Penyajiannya sangatlah sederhana
-         Harganya relative murah sehingga masyarakat khusus menengah dapat membeli gado gado ini.
-         Gado gado khas betawi ini memiliki rasa yang sedap, dan nyaman untuk dikonsumsi
-         Memiliki nilai gizi dari sayur-sayurannya
-         Bahan-bahannya juga mudah didapatkan

2.     Weakness (Kelemahan)

-         Permintaan dari konsumen berkurang dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan
-         Apabila tempat kurang ramai, maka permintaan dari konsumen menurun
-         Saingan dalam berbisnis cukup banyak

Ø Faktor eksternal

3.     Opportunities (Peluang / kesempatan)          

-    Biasanya disiang hari, adalah waktu istirahat bagi orang yang bekerja dikantor, kuliah, maupun disekolah, orang-orang sering mengisi waktunya untuk makan siang dengan membeli jajanan diwarteg maupun dipinggir jalan, biasanya mereka membeli gado gado khas betawi karena harganya yang murah dan dapat menghilangkan rasa lapar.

4.     Threats (Ancaman)

-         Munculnya produk lain yang lebih berkembang
-         Kurangnya dana
-         Bersaing dengan pedagang lain
-    Adanya perubahan selera masyarakat, sehingga permintaan konsumen berkurang

·        Analisis Pasar dan Pemasaran

1.     Target Pasar

Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat,  baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha  kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2.     Pesaing

Terdapat  banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita.  Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.  Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3.     Sasaran Pembeli

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.

·        Strategi Pemasaran

1.     Dari mulut ke mulut
    
    Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat  akan mengetahui usaha kita. 

2.     Dengan media Internet

Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog dan lain sebagainya.

3.     Pengembangan Pasar

Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara menambah  pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki.



·        Kelebihan Bisnis

Membuka usaha makanan gado – gado tidak memerlukan modal yang besar, karena peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini dapat menggunakan peralatan dapur yang dimiliki.

·        Kekurangan Bisnis

Usaha gado-gado ini resiko yang sering terjadi adalah daya tahan sayuran yang sudah direbus itu cukup singkat dan harus habis dikonsumsi dalam satu hari.
         






BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN


4.     Biaya investasi

Gerobak                         Rp 2.000.000                                         
Peralatan masak               Rp 500.000                             
Peralatan makan              Rp 150.000                              
Meja dan kursi                 Rp 400.000                                  
Cobek dan ulekan            Rp 100.000                                
Total investasi                 Rp 3.145.000                                 

Biaya operasional per bulan

1. Biaya tetap

Penyusutan gerobak 1/36 x Rp.2.000.000               Rp    55.600
Penyusutan peralatan masak 1/24 x Rp. 500.000      Rp    20.800
Penyusutan peralatan makan 1/12 x Rp. 150.000     Rp    12.500
Penyusutan meja dan kursi 1/20 x Rp. 400.000        Rp    20.000
Penyusutan cobek dan ulekan 1/12 x Rp60.000       Rp     5.000
Upah karyawan 1 orang                                          Rp   750.000 +
Total biaya tetap                                                    Rp   863.900



2. Biaya variabel

Sayuran, tahu tempe (Rp 150.000/hari x 30 hari)               Rp 4.500.000
Kacang tanah (5 kg x Rp 12.000/kg x 30 hari)                   Rp 1.800.000
Cabai, terasi, dan gula merah Rp  20.000/hari x 30 hari)     Rp   600.000
Cuka (Rp 8.000/minggu x 4 minggu)                                Rp    32.000
Lontong (Rp 50.000 x 30 hari)                                         Rp 1.500.000
Kertas dan plastic (Rp 10.000/hari x 30 hari)                     Rp   300.000
Air mineral Rp 20.000/minggu x 4 minggu)                       Rp    80.000
Transportasi (Rp 5.000/hari x 30 hari)                              Rp   150.000
Gas isi 3 kg (1 tabung x Rp 13.000/tbng x 30 hr)              Rp   390.000 +
Total biaya variable                                                                   Rp 9.352.000

5.     Total biaya operasional
Rp   863.900 - Rp 9.352.000     =      Rp 8.488.100

6.     Penerimaan per bulan
Gado-gado Rp 8.000/porsi x 60 porsi x 30 hari    Rp 12.000.000

7.     Keuntungan per bulan
Keuntungan           = Total penerimaan-total biaya operasional
= Rp 12.000.000 - Rp 8.488.100
= Rp 3.511.900



BAB IV
PENUTUP

Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha gado-gado khas betawi ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar