Sabtu, 30 November 2013

MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN YANG BAIK DALAM PERUSAHAAN


MANAJEMEN KEUANGAN YANG BAIK DALAM PERUSAHAAN



ABSTRAK

Manajemen keuangan merupakan aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan usaha mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin. Manajer itu sendiri merupakan seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. perkembangan dalam bidang ini sangat cepat dan penting untuk diterapkan dalam setiap organisasi. Namun permasalahannya ialah keseimbangan finansial didalam suatu perusahaan dengan mengadakan keseimbangan antara aktiva dengan pasiva yang dibutuhkan serta mencari susunan kwalitatif daripada aktiva & pasiva tersebut dengan sebaik-baiknya. Identifikasi masalah yang ada dapat menjadi perbaikan dalam pengembangan manajemen keuangan dalam suatu perusahaan.
Makalah ini akan membahas betapa pentingnya Manajemen keuangan dalam memperbaiki permasalahan yang ada.





PENDAHULUAN

Manajemen keuangan adalah manajemen yang mengkaitkan pemerolehan, pembiayaan /pembelanjaan dan manajemen aktiva dengan tujuan secara menyeluruh dari suatu perusahaan.  Perkembangan manajemen keuangan ini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain kebijakan moneter, kebijakan pajak, kondisi ekonomi, kondisi social, dan kondisi politik.  Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut.

Ada dua aspek yang perlu dipertimbangkan oleh manajemen keuangan dalam pengambilan keputusan keuangan disuatu perusahaan, yaitu tingkat pengembalian dan risiko keputusan keuangan tersebut. Risiko adalah kemungkinan terjadinya penyimpangan dari rata-rata dari tingkat pengembalian yang diharapkan yang dapat diukur dari standar deviasi dengan menggunakan statistika. Risiko keuangan terjadi karena adanya penggunaan hutang dalam struktur keuangan perusahaan, yang mengakibatkan perusahaan harus menanggung beban tetap secara periodik berupa beban bunga. Hal ini akan mengurangi kepastian besarnya imbalan bagi pemegang saham, karena perusahaan harus membayar bunga sebelum memutuskan pembagian laba bagi pemegang saham.

Jika manajemen perusahaan dapat memanfaatkan dana yang berasal dari hutang untuk memperoleh laba operasi yang lebih besar dari beban bunga, maka penggunaan hutang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dan akan meningkatkan return bagi pemegang saham. Sebaliknya, jika manajemen tidak dapat memanfaatkan dana secara baik, perusahaan mengalami kerugian.





BAB II
LANDASAN TEORI
1.     Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Dibawah ini ada pengertian manajemen yang dikemukakan oleh para ahli yaitu:
  1. Liefman : Manajemen Keuangan merupakan usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untuk mendapat atau memperoleh aktiva.
  2. Erlina, SE. : Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund).
  3. Depdiknas : Manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan.
  4. Prawironegoro : Aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.
  5.  Suad Husnan : Manajemen Keuangan ialah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
  6. Bambang Riyanto : keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.
  7. Agus Sartono : Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.
  8.  JF Bradley : Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana & seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.
  9. Brigham dan Houston yang diterjemahkan oleh Dodo, H. Dan Herman, W. yaitu “Manajemen keuangan merupakan bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan memiliki kesempatan karir yang sangat luas”
  10.  Sutrisno : Manajemen Keuangan adalah Sebagai semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.
  11. J. L. Massie : Manajemen keuangan adalah kegiatan operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk sebuah operasi yang efektif dan efisien.


BAB III
PEMBAHASAN
Pengertian

Manajemen keuangan merupakan suatu usaha/kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer guna mencapai tujuan tertentu.

Manajer Keuangan merupakan seseorang yang mempunyai hak dalam mengambil suatu keputusan yang sangat penting dalam suatu bidang investasi dan pembelanjaan perusahaan. Manajer keuangan juga bertanggung jawab dalam bidang keuangan pada suatu perusahaan.

Tujuan manajemen keuangan

1.     Memaksimalkan nilai perusahaan bagi para pemiliknya.
2.     Meningkatkan kemakmuran para pemegang saham atau pemilik.

Tujuan Perusahaan

Dalam mengukur manajemen keuangan yang efisien membutuhkan pengukuran yang dapat digunakan sebagai penilaian efisiensi manajemen keuangan sehingga manajemen keuangan membutuhkan tujuan dan sasaran sebagai standar pengukurannya. Kesejahteraan pemegang saham ditunjukkan melalui harga pasar perlembar saham perusahaan yang juga merupakan refleksi dari keputusan investasi, pendanaan, dan manajemen aktiva.

Berikut ini tujuan perusahaan menurut James C. Van Horne dan John M. Wachowicz :

  1. Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai pemegang saham sepanjang waktu.
  2. Tujuan utama perusahaan adalah untuk memberikan penghargaan kepada pengambil risiko dengan membangun kesejahteraan jangka panjang bagi pemegang saham.
  3. Tujuan utama manajemen adalah memaksimalkan nilai pemegang saham seiring berjalannya waktu.

Aktivitas manajemen

Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu:
  •  Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
  • Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Fungsi dari manajemen keuangan ada tiga yaitu : 


  1. Perencanaan Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta         kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
  2. Penganggaran Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
  3. Pengelolaan Keuangan, menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara. 
  4. Pencarian Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
  5. Penyimpanan Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
  6. Pengendalian Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
  7. Pemeriksaan Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
  8. Pelaporan keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi

Hubungan Keuangan dengan Ekonomi

Adapun hubungan keuangan dengan ekonomi yaitu :

-  Manajer Keuangan harus memahami masalah ekonomi dan berjaga-jaga terhadap konsekuensi dari berbagai tingkat perubahan aktivitas dan kebijakan ekonomi.

Hubungan Keuangan dengan Akuntansi

 Adapun hubungan keuangan dengan akuntansi yakni :

1.     Aliran kas
Fungsi utama akuntan adalah menghasilkan dan menyediakan data untuk mengukur keadaan perusahaan, menetapkan posisi keuangan, dan membayar pajak.

2.     Pengambilan keputusan
mengevaluasi laporan akuntan, mengembangkan data tambahan dan membuat keputusan yang didasarkan atas perkiraan dari pengembalian dan resiko. Data tersebut digunakan setelah ada penyesuaian dan analisa, sebagai input yang penting dalam proses pengambilan keputusan

Lingkup Manajemen Keuangan

-         Pembicaraan tentang keputusan
keputusan dalam bidang keuangan, yaitu: Keputusan Investasi, Keputusan pembelanjaan dan kebijaksanaan deviden dengan tujuan memaksimumkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran para pemegang saham.

-         Pelaksanaan Fungsi
fungsi manajemen keuangan yaitu: penggunaan dana dan memperoleh dana, lewat keputusan-keputusan investasi, pembelanjaan dan kebijaksanaan deviden agar nilai perusahaan bisa meningkat.

Prinsip-prinsip manajemen keuangan :

-         Konsistensi
-         Akuntabilitas
-         Transparansi
-         Kelangsungan Hidup
-         Integritas
-         Pengelolaan
-         Standar Akuntansi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan yang baik :

-         SDM yang kompeten di bidangnya
-         Perilaku kerja SDM
-         Kelengkapan dokumen transaksi
-         Membukukan transaksi setiap hari
-         Memeriksa saldo kas dan pembukuan secara rutin
-         Mengarsip dokumen secara subject

Analisis Sumber Dana dan Penggunaannya

Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting bagi manajer keuangan.

Pada umumnya rasio keuangan yang dihitung bisa dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu:

-         Rasio Likuiditas, rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya.
-         Rasio Leverage, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang di-supply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan.
-         Rasio Aktivitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya. Semua rasio aktifitas melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta.
-         Rasio Profitabilitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.
-         Rasio Pertumbuhan, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya pertumbuhan ekonomi dan industri.
-         Rasio Penilaian, rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencemirkan kombinasi pengaruh dari rasio risiko dengan rasio hasil pengembalian.

Peranan Manajemen Keuangan dalam perusahaan bisnis:

  1.  Bertanggung jawab terhadap tiga keputusan pokok manajemen keuangan (pemerolehan (acquitition), pembiayaan /pembelanjaan (financing) dan manajemen aktiva secara efisien)
  2.     Meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat
  3.   Menghadapi tantangan dalam mengelola aktiva secara efisien dalam perubahan yang terjadi di lingkungaN
  4.        persaingan antar perusahaan,
  5.    perekonomian dunia yang tidak menentu,


hal yang diperhatikan oleh seorang manajer dalam perencanaan keuangan yakni meliputi :

1.     rencana pengeluaran dan pemasukan masyarakat
2.     penganggaran keuangan
3.     pengelolaan keuangan
4.     pencarian keuangan
5.     penyimpanan keuangan
6.     pengendalian keuangan
7.     pemeriksaan keuangan
8.     pelaporan keuangan





BAB IV
KESIMPULAN

Jadi, hal-hal yang penting dalam perencanaan keuangan, manajer harus berani menanggung risiko dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas tersebut. Perusahaan juga harus bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan agar bisa menentukan langkah pergerakan perusahaan kedepannya bagaimana, bisa memberikan hak-hak karyawan dengan baik dan tidak merugikan karyawan. jika manajemen keuangan itu semua bisa terstruktur dengan baik, maka itulah yang disebut dengan manajemen perusahaan yang baik.




BAB V
DAFTAR PUSTAKA







1 komentar:

  1. Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    BalasHapus