NAMA : MARINI S.B
KELAS: 1EB26
NPM : 25213293
TUGAS KE : 3 PENGANTAR BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
ABSTRAK
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan dalam sebuah organisasi atau perusahaan untuk mengatur
serta memfokuskan diri terhadap Sumber Daya Manusia dengan mengelola unsur
manusia secara baik, efektif adil dan
digunakan secara maksimal agar diperoleh tenaga kerja yang memuaskan demi
mencapai tujuan tertentu.
Dari perusahaan bisnis yang ada, penulis akan
membagikan sekilas informasi mengenai
bisnis “Donat Bakar”, karena banyak sekali orang yang baru saja mendengar
tentang bisnis ini, tentunya pelanggan ingin mengetahui bagaimana citarasa terhadap
donat bakar tersebut. Begitu juga, donat itu terlalu unik dilihat, karena sudah
banyak jenis donat yang sering kita lihat dimana-mana dan itu sudah membosankan
bagi pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja
kelebihan-kelebihan yang ada dalam perusahaan bisnis tersebut, dan bagaimana
cara kerja yang baik yang dapat membuat pelanggan itu tertarik untuk mendatangi
perusahaan secara terus-menerus. Jika mereka yang bekerja dalam perusahaan ini
tahu bagaimana cara bekerja dengan baik
tentunya konsumen akan merasa nyaman dan merasa puas untuk mendatangi
perusahaan tersebut bahkan perusahaan ini juga dapat dikenal luas oleh
masyarakat.
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam suatu perusahaan, beberapa negara di dunia ini
banyak yang berhasil menjadi negara industri dan negara maju, kemajuan tersebut
bukan karena mereka memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi karena
Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan sumber daya alam yang melimpah apabila
produktivitas manusianya rendah, tentunya sumber daya alam yang banyak tersebut
tidak akan mampu memberikan kontribusinya yang maksimal untuk manusia.
Sebaliknya, jika produktivitas tinggi, walaupun sumber daya alam kurang mendukung,
namun mampu membawa organisasi/perusahaan atau sebuah negara menjadi negara
yang maju dan makmur. Untuk itu diperlukan manusia yang berkualitas dapat
berhimpitan langsung dengan manusia yang produktif.
Dimulai dari tahun 2003 di bidang usaha bakery
dengan produk utama donat dan roti, terciptalah DOKAR (Donat Bakar) pada bulan
April 2008, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan praktis, enak,
berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Donat Bakar
akan menjadi salah satu dari sekian banyak bisnis makanan yang akan berkembang
dan ikut meramaikan bisnis makanan di Indonesia. Namun perkembangan bisnis
didunia ini sangatlah spektakuler. Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis
sangat pesat seiring dengan meningkatnya minat & kesadaran masyarakat untuk
memiliki usaha sendiri. Jumlah penduduk di Indonesia juga sangat besar dan
memiliki potensi yang sangat baik akan pertumbuhan bisnis ini, terutama di
sektor pangan. Berdasarkan alasan itulah Donat Bakar didirikan dan dikembangkan.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
1.
Pengertian
Manajemen Sumber Daya Manusia
Berikut ini adalah pengertian
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang dikemukakan oleh para ahli :
·
Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni yang
mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam
membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
·
Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan,
pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap
individu anggota organisasi atau kelompok serta menyangkut desain dan
implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan,
pengelolaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan
yang mulus.
·
Menurut Achmad S. Rucky
MSDM adalah penerapan secara tepat
dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan dan pemeliharaan
personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat
pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam
mencapai tujuan-tujuannya.
·
Menurut Mutiara S. Panggabean
MSDM adalah proses yang terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan
yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan,
pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
·
Menurut Mutiara S. Panggabaean
MSDM adalah kegiatan di bidang
sumber daya manusia dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sisi
pekerjaan dan dari sisi pekerja. Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan
evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan
pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan pengembangan,
promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.
Jadi, Manajemen Sumber Daya Manusia
merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan
pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa,
pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai
tujuan organisasi.
2.
Pengertian
Sumber Daya Manusia
SDM adalah Sumber daya manusia atau biasa disingkat
menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan
perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu
mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju
tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan
berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti
sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh
karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil
penjurusan industri dan organisasi.
3.
Peran
Manajemen Sumber Daya Manusia
Terdapat 9 peran manajemen sumber daya manusia dalam
mengatur dan menetapkan program kepegawaian menurut Johar Arifin dan A Fauzi :
1. Menetapkan
jumlah, kualitas dan penempatan tenaga kerja yang efektif sesuai dengan
kebutuhan perusahaan.
2. Melakukan
perekrutan karyawan, seleksi dan penempatan pegawai sesuai kualifikasi pegawai
yang di butuhkan perusahaan.
3. Menetapkan
program kesejahteraan, pengembangan promosi dan pemutusan hubungan kerja.
4. Membuat
perkiraan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang.
5. Memperkirakan
kondisi ekonomi pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.
6. Senantiasa
memantau perkembangan undang-undang ketenagakerjaan dari waktu ke waktu
khususnya yang berkaitan dengan masalah gaji/upah atau kompensasi terhadap
pegawai.
7. Memberikan
kesempatan karyawan dalam hal pendidikan, latihan, dan penilaian prestasi kerja
karyawan.
8. Mengatur
mutasi karyawan.
9. Mengatur
pensiun, pemutusan hubungan kerja beserta perhitungan pesangon yang menjadi hak
karyawan.
4.
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran adalah sekelompok aktivitas yang saling
yang berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasikan kebutuhan konsumen dan mengembangkan
distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan
kebutuhan konsimen pada tingkat keuntungan tertentu.
5.
Aspek
Kompensasi
Aspek kompensasi merupakan aspek penting dalam
mempertahankan karyawan dalam bekerja di perusahaan.
BAB
III
PEMBAHASAN
Berdasarkan
uraian diatas, penulis akan membagikan informasi tentang perusahaan bisnis “Donat
Bakar” (DOKAR).
Tentunya semua orang pasti mengenal yang namanya “Donat”.
Makanan berbentuk bulat dan biasanya ada lubang di tengahnya ini cukup dikenal
banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Donat merupakan makanan
yang sedang trend saat ini. Sangat diminati sebagai makanan pengganti nasi di
Indonesia. Dengan citarasa yang khas, banyak orang mulai menjadikan donat
sebagai makanan favorit mereka dan menjadi pelanggan fanatik gerai-gerai donat
di Indonesia. Dan salah satunya adalah “Donat Bakar” atau biasa disebut (DOKAR)
dengan rasa-rasa yang bervariasi seperti jagung bakar, balado, blueberry,
durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger,
sosis sapi, dan lain lain.
Berikut
ini adalah syarat-syarat untuk menjadi karyawan dalam perusahaan bisnis “Donat Bakar,
diantaranya :
- Berjiwa Entrepreneur dan keinginan kuat untuk berhasil.
- Menyukai jenis bisnis ini.
- Bersedia untuk bekerja keras dan cerdas serta berperan aktif dan konsisten dalam mengoperasikan bisnis ini.
- Bersedia meluangkan waktu untuk mengevaluasi bisnis ini minimal seminggu sekali.
- Berkomitmen untuk memenuhi dan mematuhi standarisasi bisnis “Donat Bakar”.
- Berkomitmen untuk ikut mengembangkan brand / merek DOKAR.
- Berkomitmen membeli bahan baku (Repeat Order) dari DOKAR.
- Memahami keuntungan dan resiko bergabung dengan bisnis ini.
- Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat.
- Memiliki lokasi usaha yang tepat.
- Memiliki Investasi dana yang cukup.
Selain
untuk memenuhi syarat-syarat dalam perusahaan bisnis ini, ada pun peranan Karyawan
dalam menjalankan bisnis ini, diantaranya sebagai berikut :
·
Mengajukan usulan lokasi tempat.
·
Menyediakan Tenaga Pelaksana yang
memenuhi syarat dan kualifikasi, yang akan ditraining oleh Trainer DOKAR.
·
Melakukan pengawasan secara menyeluruh
atas peralatan, disiplin Karyawan, dan kebersihan Outlet.
·
Melakukan pembelian bahan baku sesuai
standart DOKAR.
·
Bertanggung jawab atas hasil penjualan.
·
Secara terus menerus memberikan support
kepada Karyawan dalam tugas sehari-hari.
·
Bertanggung jawab atas biaya sewa tempat
/ Lokasi.
·
Melakukan promosi dalam radius 1 Km dari
Outlet.
Langkah
Mudah Menjadi Karyawan
·
Presentasi Teknis Bisnis (lansung atau
via phone).
·
Membayar Booking Fee Rp.3.500.000,- dan
melunasi total Investasi dalam waktu 7 hari.
·
Penandatanganan Agreement (Perjanjian
Kemitraan).
·
Training Karyawan.
·
Penyerahan Paket Usaha.
·
Grand Opening.
Marketing
Strategy
Bisnis ini sangat diyakini bahwa produk yang
diciptakan berhasil, karena produk yang unik dengan citarasa dan kualitas yang
tinggi. Sampai saat ini belum ada kompetitor sejenis dan pasar yang bisa
digarap masih sangat luas.
Kelebihan
Bisnis
Kelebihan dari bisnis ini yaitu penyajian donat
bakar yang hangat akan memberikan kenikmatan tersendiri ketika disantap.
Kemudian varian toping yang tidak hanya rasa manis saja seperti rasa jagung
bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang,
keju, donat ala burger, sosis sapi, dan lain lain. Dengan citarasa yang berbeda
ini membuat pelanggan memiliki banyak pilihan untuk membeli produk dalam
perusahaan bisnis ini .
Kekurangan
Bisnis
Dalam bisnis ini juga memiliki kekurangan yaitu adanya
persaingan dengan usaha sejenis, dan harga bahan baku yang akan berpengaruh
dengan harga jual donat bakar.
Pengembangan
Bisnis
Bisnis
ini dapat berkembang karena adanya bauran pemasaran yang cermat. Bauran
pemasaran biasanya mencakup 4P, yaitu Produk, Penetapan harga, Distribusi dan Promosi
dalam bisnis donat bakar.
- Produk
Produk
adalah hasil dari proses produksi ( dapat berupa barang, jasa atau gagasan )
yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Donat bakar
merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh konsumen dan memiliki
perbedaan dari donat donat yang lain. Donat bakar memiliki bermacam-macam
variasi rasa. Yang harus diperhatikan dalam suatu produk adalah bagaimana kita
menciptakan ciri atau citra yang membuat produk kita berbeda dari pesaing.
- Penetapan harga
Penetapan
harga adalah strategi menyeleksi harga yang paling tepat untuk menjual produk.
Harga donat bakar ini berkisar dari Rp 9000,00 sampai Rp 13000,00. Harga ini
ditinjau dari bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan donat. Selain ditinjau
dari segi bahan bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak
perlengkapan yang menunjang dalam penjualan donat bakar ini.
- Distribusi
Distribusi
merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih
mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang
tepat. Pemasaran donat bakar ini, biasanya bertempat di depan sekolah dan pusat
perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis dalam pemasaran
donat bakar ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai, dan dapat
menarik konsumen yang banyak.
- Promosi yang efektif dan kreatif
Promosi
harus dilakukan tepat sasaran sehingga akan efektif dan optimal. Mencari
ide-ide baru dalam berpromosi sehingga dapat benar-benar berpengaruh terhadap
peningkatan penjualan. Promosi yang dilakukan donat bakar ini dengan cara
membuat blog. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis donat bakar ini,
karena semua orang dapat mengakses blog ini. Dan di dalam blog tersebut
dijelaskan berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana kita bisa memulai bisnis ini
dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan cara seperti ini,
tentu orang akan tertarik untuk memulai bisnis. Selain itu, cara ini juga tidak
memerlukan biaya yang besar.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah:
- kita harus mengelola bisnis secara maksimal
- jangan setengah-setengah bekerja dalam menjalankan bisnis
- pelajari hal-hal yang bisa mendukung kemajuan bisnis
- produk yang di miliki juga harus berkualitas baik, sehingga konsumen merasa nyaman untuk dikonsumsi.
Adapun
tugas-tugas yang harus dilakukan oleh karyawan setelah diterima tenaga kerja
yaitu sebagai berikut :
- Bertugas dalam bidang produksi, seperti membuat campuran adonan dan menggoreng.
- Bertugas dalam bidang marketing, memperkenalkan produk kepada masyarakat, seperti membuat poster, baliho atau spanduk dan sebagainya.
- Bertugas dalam bidang administrasi, menginput data penjualan yang keluar.
SDM
(PEGAWAI)
·
Idealnya pegawai tinggal tidak jauh dari
lokasi, maksimal 1 kali naik kendaraan umum.
·
Kerabat dekat atau yang di kenal, amanah, pekerja keras, berpenampilan baik dan sopan.
·
Memiliki sikap yang baik dalam melayani
(ramah) dan mudah bergaul.
·
Pendidikan min. SMP.usia minimal 17
tahun.
BAB
IV
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, manajemen sumber
daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian,
pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas
jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka
mencapai tujuan organisasi.
Jika kita dapat memenuhi faktor-faktor dalam perusahaan
bisnis diatas tentunya kesuksesan dapat kita raih dengan cepat asalkan kita mau
berusaha dan berdoa dengan keyakinan penuh pasti keberhasilan itu datang menghampiri
kita.
BAB
V
DAFTAR
PUSTAKA
kismono, Gugup, Bisnis Pengantar, Edisi I, BPFE,
Yogyakarta.
Laksmiwati, Mia, Pengantar Bisnis, 2006, Edisi II,
FE, Universitas Budi Luhur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar