Selasa, 29 Oktober 2013

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

NAMA : MARINI S.B
KELAS: 1EB26
NPM    : 25213293
TUGAS KE : 3 PENGANTAR BISNIS
UNIVERSITAS GUNADARMA




MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

ABSTRAK

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam sebuah organisasi atau perusahaan untuk mengatur serta memfokuskan diri terhadap Sumber Daya Manusia dengan mengelola unsur manusia secara baik, efektif  adil dan digunakan secara maksimal agar diperoleh tenaga kerja yang memuaskan demi mencapai tujuan tertentu.
Dari perusahaan bisnis yang ada, penulis akan membagikan sekilas informasi  mengenai bisnis “Donat Bakar”, karena banyak sekali orang yang baru saja mendengar tentang bisnis ini, tentunya pelanggan ingin mengetahui bagaimana citarasa terhadap donat bakar tersebut. Begitu juga, donat itu terlalu unik dilihat, karena sudah banyak jenis donat yang sering kita lihat dimana-mana dan itu sudah membosankan bagi pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kelebihan-kelebihan yang ada dalam perusahaan bisnis tersebut, dan bagaimana cara kerja yang baik yang dapat membuat pelanggan itu tertarik untuk mendatangi perusahaan secara terus-menerus. Jika mereka yang bekerja dalam perusahaan ini tahu bagaimana cara bekerja dengan baik  tentunya konsumen akan merasa nyaman dan merasa puas untuk mendatangi perusahaan tersebut bahkan perusahaan ini juga dapat dikenal luas oleh masyarakat.




BAB I
PENDAHULUAN

Dalam suatu perusahaan, beberapa negara di dunia ini banyak yang berhasil menjadi negara industri dan negara maju, kemajuan tersebut bukan karena mereka memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi karena Sumber Daya Manusia (SDM). Keberadaan sumber daya alam yang melimpah apabila produktivitas manusianya rendah, tentunya sumber daya alam yang banyak tersebut tidak akan mampu memberikan kontribusinya yang maksimal untuk manusia. Sebaliknya, jika produktivitas tinggi, walaupun sumber daya alam kurang mendukung, namun mampu membawa organisasi/perusahaan atau sebuah negara menjadi negara yang maju dan makmur. Untuk itu diperlukan manusia yang berkualitas dapat berhimpitan langsung dengan manusia yang produktif.
Dimulai dari tahun 2003 di bidang usaha bakery dengan produk utama donat dan roti, terciptalah DOKAR (Donat Bakar) pada bulan April 2008, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan praktis, enak, berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Donat Bakar akan menjadi salah satu dari sekian banyak bisnis makanan yang akan berkembang dan ikut meramaikan bisnis makanan di Indonesia. Namun perkembangan bisnis didunia ini sangatlah spektakuler. Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis sangat pesat seiring dengan meningkatnya minat & kesadaran masyarakat untuk memiliki usaha sendiri. Jumlah penduduk di Indonesia juga sangat besar dan memiliki potensi yang sangat baik akan pertumbuhan bisnis ini, terutama di sektor pangan. Berdasarkan alasan itulah Donat Bakar didirikan dan dikembangkan.


BAB II
LANDASAN TEORI

1.     Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang dikemukakan oleh para ahli :

·        Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

·        Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok serta menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengelolaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.  

·        Menurut Achmad S. Rucky
MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

·        Menurut Mutiara S. Panggabean
MSDM adalah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  

·        Menurut Mutiara S. Panggabaean
MSDM adalah kegiatan di bidang sumber daya manusia dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sisi pekerjaan dan dari sisi pekerja. Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.

Jadi, Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

2.     Pengertian Sumber Daya Manusia
SDM adalah Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.



3.     Peran Manajemen Sumber Daya Manusia
Terdapat 9 peran manajemen sumber daya manusia dalam mengatur dan menetapkan program kepegawaian menurut Johar Arifin dan A Fauzi :
1.     Menetapkan jumlah, kualitas dan penempatan tenaga kerja yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
2.     Melakukan perekrutan karyawan, seleksi dan penempatan pegawai sesuai kualifikasi pegawai yang di butuhkan perusahaan.
3.     Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan promosi dan pemutusan hubungan kerja.
4.     Membuat perkiraan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang.
5.     Memperkirakan kondisi ekonomi pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.
6.     Senantiasa memantau perkembangan undang-undang ketenagakerjaan dari waktu ke waktu khususnya yang berkaitan dengan masalah gaji/upah atau kompensasi terhadap pegawai.
7.     Memberikan kesempatan karyawan dalam hal pendidikan, latihan, dan penilaian prestasi kerja karyawan.
8.     Mengatur mutasi karyawan.
9.     Mengatur pensiun, pemutusan hubungan kerja beserta perhitungan pesangon yang menjadi hak karyawan.

4.     Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah sekelompok aktivitas yang saling yang berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasikan kebutuhan konsumen dan mengembangkan distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsimen pada tingkat keuntungan tertentu.
5.     Aspek Kompensasi
Aspek kompensasi merupakan aspek penting dalam mempertahankan karyawan dalam bekerja di perusahaan.

BAB III
PEMBAHASAN

Berdasarkan uraian diatas, penulis akan membagikan informasi tentang perusahaan bisnis “Donat Bakar” (DOKAR).
Tentunya semua orang pasti mengenal yang namanya “Donat”. Makanan berbentuk bulat dan biasanya ada lubang di tengahnya ini cukup dikenal banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Donat merupakan makanan yang sedang trend saat ini. Sangat diminati sebagai makanan pengganti nasi di Indonesia. Dengan citarasa yang khas, banyak orang mulai menjadikan donat sebagai makanan favorit mereka dan menjadi pelanggan fanatik gerai-gerai donat di Indonesia. Dan salah satunya adalah “Donat Bakar” atau biasa disebut (DOKAR) dengan rasa-rasa yang bervariasi seperti jagung bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger, sosis sapi, dan lain lain.

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk menjadi karyawan dalam perusahaan bisnis “Donat Bakar, diantaranya :

  • Berjiwa Entrepreneur dan keinginan kuat untuk berhasil.
  • Menyukai jenis bisnis ini.
  • Bersedia untuk bekerja keras dan cerdas serta berperan aktif dan konsisten dalam mengoperasikan bisnis ini.
  •  Bersedia meluangkan waktu untuk mengevaluasi bisnis ini minimal seminggu sekali.
  • Berkomitmen untuk memenuhi dan mematuhi standarisasi bisnis “Donat Bakar”.
  • Berkomitmen untuk ikut mengembangkan brand / merek DOKAR.
  •  Berkomitmen membeli bahan baku (Repeat Order) dari DOKAR.
  • Memahami keuntungan dan resiko bergabung dengan bisnis ini.
  • Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat.
  • Memiliki lokasi usaha yang tepat.
  •  Memiliki Investasi dana yang cukup.

Selain untuk memenuhi syarat-syarat dalam perusahaan bisnis ini, ada pun peranan Karyawan dalam menjalankan bisnis ini, diantaranya sebagai berikut :

·        Mengajukan usulan lokasi tempat.
·        Menyediakan Tenaga Pelaksana yang memenuhi syarat dan kualifikasi, yang akan ditraining oleh Trainer DOKAR.
·        Melakukan pengawasan secara menyeluruh atas peralatan, disiplin Karyawan, dan kebersihan Outlet.
·        Melakukan pembelian bahan baku sesuai standart DOKAR.
·        Bertanggung jawab atas hasil penjualan.
·        Secara terus menerus memberikan support kepada Karyawan dalam tugas sehari-hari.
·        Bertanggung jawab atas biaya sewa tempat / Lokasi.
·        Melakukan promosi dalam radius 1 Km dari Outlet.

Langkah Mudah Menjadi Karyawan

·        Presentasi Teknis Bisnis (lansung atau via phone).
·        Membayar Booking Fee Rp.3.500.000,- dan melunasi total Investasi dalam waktu 7 hari.
·        Penandatanganan Agreement (Perjanjian Kemitraan).
·        Training Karyawan.
·        Penyerahan Paket Usaha.
·        Grand Opening.

Marketing Strategy

Bisnis ini sangat diyakini bahwa produk yang diciptakan berhasil, karena produk yang unik dengan citarasa dan kualitas yang tinggi. Sampai saat ini belum ada kompetitor sejenis dan pasar yang bisa digarap masih sangat luas.

Kelebihan Bisnis

Kelebihan dari bisnis ini yaitu penyajian donat bakar yang hangat akan memberikan kenikmatan tersendiri ketika disantap. Kemudian varian toping yang tidak hanya rasa manis saja seperti rasa jagung bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger, sosis sapi, dan lain lain. Dengan citarasa yang berbeda ini membuat pelanggan memiliki banyak pilihan untuk membeli produk dalam perusahaan bisnis ini .  

Kekurangan Bisnis

Dalam bisnis ini juga memiliki kekurangan yaitu adanya persaingan dengan usaha sejenis, dan harga bahan baku yang akan berpengaruh dengan harga jual donat bakar.

Pengembangan Bisnis

Bisnis ini dapat berkembang karena adanya bauran pemasaran yang cermat. Bauran pemasaran biasanya mencakup 4P, yaitu Produk, Penetapan harga, Distribusi dan Promosi dalam bisnis donat bakar.

  • Produk


Produk adalah hasil dari proses produksi ( dapat berupa barang, jasa atau gagasan ) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Donat bakar merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh konsumen dan memiliki perbedaan dari donat donat yang lain. Donat bakar memiliki bermacam-macam variasi rasa. Yang harus diperhatikan dalam suatu produk adalah bagaimana kita menciptakan ciri atau citra yang membuat produk kita berbeda dari pesaing.


  •  Penetapan harga

Penetapan harga adalah strategi menyeleksi harga yang paling tepat untuk menjual produk. Harga donat bakar ini berkisar dari Rp 9000,00 sampai Rp 13000,00. Harga ini ditinjau dari bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan donat. Selain ditinjau dari segi bahan bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak perlengkapan yang menunjang dalam penjualan donat bakar ini.

  •         Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Pemasaran donat bakar ini, biasanya bertempat di depan sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis dalam pemasaran donat bakar ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai, dan dapat menarik konsumen yang banyak.
  •         Promosi yang efektif dan kreatif

Promosi harus dilakukan tepat sasaran sehingga akan efektif dan optimal. Mencari ide-ide baru dalam berpromosi sehingga dapat benar-benar berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Promosi yang dilakukan donat bakar ini dengan cara membuat blog. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis donat bakar ini, karena semua orang dapat mengakses blog ini. Dan di dalam blog tersebut dijelaskan berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana kita bisa memulai bisnis ini dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan cara seperti ini, tentu orang akan tertarik untuk memulai bisnis. Selain itu, cara ini juga tidak memerlukan biaya yang besar.



Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah:

  •         kita harus mengelola bisnis secara maksimal
  •         jangan setengah-setengah bekerja dalam menjalankan bisnis
  •         pelajari hal-hal yang bisa mendukung kemajuan bisnis
  •       produk yang di miliki juga harus berkualitas baik, sehingga konsumen merasa        nyaman untuk dikonsumsi.


Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh karyawan setelah diterima tenaga kerja yaitu sebagai berikut :

  •   Bertugas dalam bidang produksi, seperti membuat campuran adonan dan menggoreng.
  •    Bertugas dalam bidang marketing, memperkenalkan produk kepada masyarakat, seperti membuat poster, baliho atau spanduk dan sebagainya.
  •        Bertugas dalam bidang administrasi, menginput data penjualan yang keluar.



SDM (PEGAWAI)
 ·        Idealnya pegawai tinggal tidak jauh dari lokasi, maksimal 1 kali naik kendaraan umum.
·        Kerabat dekat atau yang di kenal, amanah, pekerja keras, berpenampilan baik dan sopan.
·        Memiliki sikap yang baik dalam melayani (ramah) dan mudah bergaul.
·        Pendidikan min. SMP.usia minimal 17 tahun.



BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan

Jadi, manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Jika kita dapat memenuhi faktor-faktor dalam perusahaan bisnis diatas tentunya kesuksesan dapat kita raih dengan cepat asalkan kita mau berusaha dan berdoa dengan keyakinan penuh pasti keberhasilan itu datang menghampiri kita.




BAB V
DAFTAR PUSTAKA
kismono, Gugup, Bisnis Pengantar, Edisi I, BPFE, Yogyakarta.
Laksmiwati, Mia, Pengantar Bisnis, 2006, Edisi II, FE, Universitas Budi Luhur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar