Minggu, 13 Oktober 2013

Makalah Pengantar Bisnis




MAKALAH PENGANTAR BISNIS 
NAMA    : MARINI S.B
KELAS   : 1EB26
NPM      : 25213293         
TUGAS KE: 2 
UNIVERSITAS GUNADARMA (Kampus J1 Kalimalang)

ORGANISASI BISNIS


KATA PENGANTAR

    Puji Syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan kemurahanNya , penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Binis Online”. Guna perbaikan penyusunan makalah ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca dan berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. 
    Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada  Bapak Bonar S. Panjaitan karena telah membantu dalam pembuatan makalah ini.
     walaupun disadari masih banyak kekurangan dalam menyusun makalah ini  untuk itu penulis mohon maaf sebesar-besarnya.

Bekasi, Oktober 10, 2013
Penulis

Marini S.B



ABSTRAK

      Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen melalui distributor, agar dapat memperoleh laba/keuntungan yang maksimal. Sebagian besar orang yang menjalankan bisnis tersebut adalah pihak swasta karena modalnya dapat mencukupi segala kebutuhan yang diinginkan. Apabila produk yang ditawarkan masih berkualitas bagus tentunya konsumen tertarik dan produsen memperoleh laba yang besar. Namun seringkali produsen tidak dapat memenuhi keinginan konsumen hingga akhirnya perusahaan tersebut mengalami kerugian yang besar. 
     Oleh karena itu, bila kita ingin menjalankan bisnis tentunya produsen harus mengetahui produk-produk apa saja yang sangat dibutuhkan oleh konsumen dan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan agar produsen tersebut tidak juga mengalami kerugian. Adapun tujuan penulis ini adalah untuk mengetahui bagaimana caranya untuk memperoleh keuntungan yang maksimal dalam suatu perusahaan serta perusahaan tersebut dapat dikenal luas oleh masyarakat.



BAB I
PENDAHULUAN

     Di zaman modern ini, sebagian besar orang sulit sekali mendapatkan pekerjaan yang tepat sehingga banyak pengangguran dimana-mana. Disamping itu masyarakat mulai menyadari bahwa mereka punya pilihan yang tepat yaitu membuat keputusan untuk membuka usaha atau bisnis demi membangun masa depan yang lebih cerah. Bisnis itu sendiri merupakan suatu sistem yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 
       Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka sebagian orang memulai bisnisnya dengan cara online. Hampir semua pengusaha bisnis menggunakan fasilitas online karena sangat mudah untuk mempromosikan jenis barang yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen tidak perlu bersusah payah, hanya saja konsumen tinggal memesan barang yang dibutuhkan. 
     Namun belanja secara online juga memiliki kelemahan seperti penipuan tentang bisnis, seringkali di internet banyak dijumpai model-model baru yang dilakukan oleh penipu untuk menarik dana konsumen hingga terkuras. Maka dari itu berhati-hatilah dalam menggunakan internet jangan mudah terpengaruh terhadap barang-barang yang diiklankan, karena penipu bisa saja menggunakan akalnya dengan menawarkan barang atau jasa kepada konsumen demi keuntungan yang cukup besar.




BAB II
LANDASAN TEORI

1. Pengertian Bisnis

       Menurut Griffin dan Ebert, bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

      Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu ”business”, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Sedangkan, bisnis dalam arti luas adalah aktivitas yang memproduksi barang atau jasa itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
       Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang yang menciptakan nilai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

2. Tujuan Bisnis

Untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Untuk melayani kepentingan masyarakat.
Untuk merubah hidup.
Untuk  memperoleh pengetahuan tentang bisnis.
Pertumbuhan perusahaan.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi tujuan bisnis

Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.
keuntungan usaha.
Pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan.
Mengatasi berbagai resiko.
Tanggung jawab.

4. Sistem Perekonomian

Kapitalisme 
Merupakan sistem perekonomian yang menekankan peran kapital yakni kekayaan dalam segala jenisnya       termasuk barang-barang yang digunakan dalam  produksi barang lainnya.
Sosialisme 
Merupakan lembaga perorangan atau swasta yang hanya memperoleh laba tetapi semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat.
Fasisme 
Pemerintah memiliki semua industri, individu yang ingin berusaha harus mendapat persetujuan/izin dari pemerintah, meskipun ada kebebasan memilih tempat usaha. 
Komunisme
Usaha individu yang ditentukan pemerintah dan harus untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan. 

5. Aspek-aspek Bisnis

Kegiatan individu dan kelompok.
Penciptaan nilai.
Penciptaan barang dan jasa.
Keuntungan melalui transaksi.


6. Elemen dalam Sistem Bisnis

Modal 
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
Bahan-bahan
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktivitas bisnis untuk diolah serta menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
Sumber Daya Manusia
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
Keterampilan Manajemen
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

7. Unsur-unsur dalam kegiatan perekonomian

Manusia 
Modal
Material
Metode
Mesin 

8. Pengertian Internet

   Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Jika kita sedang terkoneksi dengan internet baik chatting melalui facebook, twitter, yahoo mail, dan sebagainya itu berarti kita sedang online. 
    Bisnis online adalah menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas jenis-jenis produk yang diiklankan.




BAB III
PEMBAHASAN

Berdasarkan uraian diatas, penulis akan membagikan informasi tentang penjualan oriflame yang dilakukan secara online.

   Oriflame merupakan salah satu produk kosmetika alami yang berasal dari Swedia. Produk ini sangat dijamin bagi kaum wanita karena mereka ingin tampil berbeda di depan banyak orang, serta percaya diri bahwa mereka merasa dihargai oleh kaum pria. Namun sebagian besar orang menjalankan bisnis ini hanya untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Bisnis oriflamme ini sangat mudah dijalankan karena hanya mempromosikan produk-produk melalui internet. Begitu juga bisnis ini tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak cukup dengan harga Rp. 40.000 rupiah saja jika ingin menjadi anggota dari perusahaan tersebut. 
    
     Tugas menjadi anggota tersebut hanyalah menunggu peminat selama 24 jam untuk membeli produk yang tersedia. Cara kerjanya juga sangat mudah hanya melalui sistem online, jadi kita bisa menggunakannya dimana saja baik di rumah, sekolah, kampus, perkantoran dan lain sebagainya. Keuntungan yang dicapai dari bisnis ini lumayan besar karena dalam sebulan bisa menghasilkan dana sekitar Rp. 1000.000 – Rp. 5000.000 rupiah. Dari hasil dana tersebut dapat mencukupi segala kebutuhan yang diperlukan seperti membayar biaya kuliah per semester, dan kebutuhan sehari-hari. Bisnis ini terbuka bagi siapa saja, bahkan ibu rumah tangga pun bisa bergabung dengan bisnis oriflame ini.   



Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah:

kita harus mengelola bisnis secara maksimal
jangan setengah-setengah bekerja dalam menjalankan bisnis
pelajari hal-hal yang bisa mendukung kemajuan bisnis 
produk yang di miliki juga harus berkualitas baik, sehingga konsumen merasa nyaman untuk dipakai.

Ciri-ciri untuk menjadi wirausahawan sukses dalam menjalankan bisnis:

semangat dalam menjalankan bisnis
tekun dan teliti agar tidak terjadi kesalahan
berani menanggung resiko yang dihadapi
penuh tanggung jawab
perlu kedisiplinan
tidak mudah menyerah meskipun kegagalan itu datang menghampiri kita
percaya diri
optimis
memiliki keterampilan, kreativitas dan pikiran terbuka

Kelebihan Bisnis

Mempermudah pemilik perusahaan dalam memeriksa data hasil penjualan.
Perusahaan tersebut dapat dikenal luas oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.
Mempermudah konsumen dalam membeli barang yang diinginkan.
Selain itu, bisnis oriflame secara online juga pembelinya banyak sehingga dapat memperoleh laba dalam jumlah yang besar. 
Bisnis secara online bisa dijalankan dimana saja. Modal yang dikeluarkan juga relatif kecil.


Kekurangan Bisnis

Sulitnya melakukan sistem pembayaran.
Suka menunda waktu sehingga konsumen harus menunggu barang yang dipesan.



BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan

     Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa, bisnis merupakan suatu sistem  yang dijalankan dalam menyalurkan barang maupun jasa melalui distributor. Jika kita ingin membuka usaha atau bisnis tentunya kita harus mengetahui kebutuhan apa saja yang sangat diperlukan masyarakat agar perusahaan tersebut tidak mengalami kerugian modal yang dikeluarkan. Inti dari melakukan bisnis ini hanyalah untuk memperoleh laba yang maksimal.

Saran

     Jika kita mengetahui cara-cara yang benar dalam sebuah organisasi bisnis, maka dari itu kita harus punya kesadaran diri sebelum mengambil keputusan dalam menjalankan bisnis yang kita inginkan asalkan modal yang kita keluarkan dapat mencukupi segala kebutuhan yang ada.



BAB V
DAFTAR PUSTAKA

http://arbilandika.wordpress.com/2013/02/06/pengertian-komunismekapitalismechauvinismesosialismefasisme/
http://dwikie-ramadhan.blogspot.com/
http://jakaparama.blogspot.com/2009/12/pengertian-kapitalisme.html
kismono, Gugup, Bisnis Pengantar, Edisi I, BPFE, Yogyakarta.
Laksmiwati, Mia, Pengantar Bisnis, 2006, Edisi II, FE, Universitas Budi Luhur. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar