Jumat, 28 April 2017

Review Jurnal 4 (Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia)


Nama : Marini S.B                  
NPM  : 25213293                        
Kelas  : 4EB19


Tugas Softskill Akuntansi Internasional

Nama  Jurnal
-
Volume/ Halaman
-
Nama  Penulis
SYAHRIL DJADDANG,  SURATNO
Judul Jurnal
Genealogi Pengungkapan Fair Value Accounting Berbasis Pasar dan Konvergensi Praktik Akuntansi di Indonesia (Studi Interpretif – Kritis Praktik IFRS)
Tanggal Jurnal
-
Tujuan Penelitian
untuk menelaah genealogi akuntansi modern, yang membahas pengungkapan Fair Value Accounting dalam adopsi International Financial Reporting Standard dan mitigasi konvergensi praktik akuntansi Di Indonesia yang digunakan untuk membangun prinsip-prinsip akuntansi modern, seperti IFRS sebagai justifikasi praktik akuntansi masa kini.
Metode Penelitian
kebenaran yang mengambil bentuk obyektivitas ilmu ada dua gagasan dalam metodologi Foucault, yaitu arkeologi pengetahuan dan geneologi kekuasaan.
Hasil Penelitian
krisis keuangan telah membuat mitigasi konvergensi standar akuntansi global mengancam konvergensi praktik akuntansi di seluruh dunia. Mayoritas negara-negara Uni Eropa, USA, dan ASEAN telah membahas krisis keuangan global dan berkomitmen untuk mengadopsi IFRS . Penelitian ini juga menunjukkan bahwa International Accounting Standards Board (IASB) telah menghadapi tekanan dari lembaga keuangan dan regulator untuk meninjau aturan pada fair value accounting dan merupakan faktor kontributif dari krisis keuangan global. Mengingat bahwa Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) telah memeluk FVA  
Kesimpulan
Dengan analisis metode genealogi akuntansi menunjukkan bahwa krisis keuangan tidak menghambat kecenderungan konvergensi akuntansi: mayoritas negara-negara mengalami krisis keuangan global dan berkomitmen untuk mengadopsi IFRS yang direncanakan. Selain itu, kemajuan konvergensi dicapai antara IFRS dan US GAAP.
Pendapat  Mengenai Jurnal
Genealogi FVA dan konvergensi praktik akuntansi memberikan wawasan mengenai bagaimana Fair Value Accounting memitigasi krisis dan mendukung regulator dalam hal ini Ikatan Akuntan Indonesia akan mengendalikan atau mendefinisikan pengakuan Fair Value Accounting.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar